TAMU PUSLITBANG LKKMO BALITBANG KEMENAG

KAWAL MODERASI BERAGAMA DI KALBAR, PENELITI PUSLITBANG LKKMO KUNJUNGI RMB IAIN PONTIANAK

Peneliti Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi, Badan Litbang dan Diklat, Dr. Nurman Kholis mengunjungi Rumah Moderasi Beragama IAIN Pontianak dalam rangka konsolidasi dan koordinasi terkait survei literasi agama dan inventarisir penelitian terkait moderasi beragama di IAIN Pontianak, Kamis (30/09/2021).

Dr. Nurman Kholis salah satu peneliti Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI menyebut jika ia ditugaskan oleh Kepala Pusat Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag untuk monitoring terkait isu-isu aktual yang terfokus pada survei literasi moderasi beragama di kalangan ASN khususnya di Kalimantan Barat.
Selain berkunjung ke RMB IAIN Pontianak, Dr. Nurman Kholis akan berkunjung ke Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat guna mengumpulkan data survei untuk pengembangan kegiatan terkait moderasi beragama. Ia menambahkan, moderasi beragama saat ini sudah menjadi salah satu agenda dalam RPJNN 2020-2024.
Ia menyebut, hasil dan masukan dari Pengurus RMB IAIN Pontianak dapat menjadi bahan untuk pengembangan kegiatan moderasi beragama nantinya.

“Hasil monitoring kami ke sini di antaranya salah satu unsur moderasi beragama itu yakni akomodatif terhadap budaya lokal di Kalbar, khususnya Pontianak yang heterogen dari berbagai suku dan agama,” terangnya.
“Bagaimana kiprah tokoh-tokoh atau penduduk di sini bisa menciptakan kehidupan rukun dan damai, baik dalam perspektif kehidupan maupun buku atau tulisan sebagai bahan untuk pengembangan terkait kegiatan moderasi agama ke depan khususnya yang menjadi tanggung jawab Kementerian Agama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!